Pionir Arsitektur Digital

Sabtu, 04 September 2010

George Yu, arsitek sekaligus pionir arsitektur digital meninggal di usia yang sangat muda, 43 tahun akibat kanker paru - paru ( padahal dia bukan seorang perokok ). Ia adalah arsitek dan pengajar, yang berkontribusi besar dalam pembentukan jalan bagi masa depan arsitek dan penggunaan teknologi baru seperti visualisasi digital dan fabrikasi.
Ketika Yu memulai firmanya sendiri tahun 1992, dunia arsitektur dikejutkan oleh kemampuannya untuk mengimajinasikan bagaimana teknologi tersebut ( Visualisasi dan fabrikasi ) akan mengubah dunia praktik arsitektur. Goerge Yu dapat melihat parameter dari dunia digital lebih awal. 

Yu telah mewujudkan lebih dari 65 proyek, dimana sebagian besar kliennya adalah perusahaan yang bergerak dalam new media  dan teknologi desian inovatif. Contohnya ialah trio pusat e-bisnis untuk IBM yang berlokasi di Chicago, Yu dan King juga mendisain meja konferensi yang menggunakan gambar proyeksi dan teknologi interaktif milik IBM. Dalam rancangan nya yang lain, Honda  advanced Design Studio di Pasadena, California, Yu meminjam sebuah teknologi fabrikasi inovatif dari industri otomotif tersebut dan menggunakannya untuk menciptakan lengkungan dinding interior.

Dalam karya nya Yu juga selalu mengeksplorasi meterial baru atau menemukan cara baru untuk menggunakan material lama.Salah satu hasil ekplorasinya adalah markas Nettwerk Production di Vancouver, Yu membangun gedung dua lantai hingga langit-langitnya dari susunan 70 ribu CD ( Compact Disk ).Semasa hidup karyanya tetap jauh dari mengideologikan teknologi dan setia menempatkan manusia alias pengguna sebagai otak dibelakang layar.

0 komentar:

Posting Komentar